Beberapa hari lalu saya baru saja mengganti video card yang sebelumnya menggunakan Nvidia sekarang menggunakan Ati Radeon. Setelah menggunakan video card ATI Radeon ini, pada awalnya semuanya OK saja dan tidak ada kendala. Saya memilih Radeon karena setelah surfing di internet, banyak yang bilang bahwa kinerja Nvidia dan Radeon bisa dikatakan setara. Dan ada beberapa yang mengatakan bahwa VGA Nvidia cenderung lebih mudah out of date (alias ketinggalan zaman) jika dibanding Radeon, makanya saya memilih Radeon walaupun dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Lalu beberapa hari kemudian, saat saya ingin mencoba VGA Ati ini dengan game-game terbaru, semuanya masih berjalan baik. Jika saya bandingkan dengan Nvidia sebelumnya, menurut saya tampilan dekstop dengan Nvidia lebih nyaman dilihat mata, daripada jika menggunakan Radeon.

Terlihat bahwa dekstop dengan Nvidia lebih fokus dan jelas. Saya sendiri masih belum terlalu jelas, apakah ini hanya perasaan saja atau memang benar. Selain itu, jika saya amati pada game-game terbaru, beberapa game yang saya tahu lebih mendukung Nvidia daripada Radeon. Jadi walaupun kita masih dapat memainkan game tersebut pada Radeon, mungkin jika dimainkan dengan VGA Nvidia akan lebih optimal. Selain itu, jika dilihat dari kompatibilitas dengan software lain, saya dapatkan informasi bahwa Microsoft terlihat lebih mendukung Nvidia. Hal ini terlihat dari program DVD Decoder dari Nvidia yang kompatibel dengan Windows Media Player, sedangkan dari Radeon kelihatanya belum kompatibel.

Advertisements