Hm…Aku maw cerita neh tentang pembelanjaan yang aku lakuin hr sabtu kemarin. Coz, komputer z kagak bisa maen game Splinter Cell Double Agent, padahal waktu taon 2004 aq beli komputer itu, specs nya termasuk high-end lho.. 
Memang bikin kesel, udah jauh-jauh ke Mangga Dua demi beli game, lumayan mahal juga 75 rebu, coz gamenya 2 DVD, Eh tau-taunya ga bisa diinstall, katanya VGA q kaga support Shader Model 3.0

Karena penasran, akhirnya saya cari VGA yang masih pakai AGP n support SM 3.0, coz semua mobo sekarang kagak pake AGP lagi tapi PCI-e jadi agak repot untuk nyariin VGA AGP yang high-end. Setelah surfing 2 hari di internet, akhirnya YES!! aku dapetin toko yaitu bhinneka.com yang jual VGA slot AGP, yaitu HIS Radeon x1600Pro IceQ AGP 256MB. Harganya cukup membuat merinding buat q yang belum pernah mengeluarkan $127 hanya untuk VGA card. Ini dia bentuknya :

Hm.. Keren juga neh VGA nya. Specs nya walaupun bukan yang paling tinggi, tapi cukup lah untuk sekarang yaitu :
– Chip Radeon X1600Pro
– Core speed : 500 MHz
– Memory Speed : 792 MHz DDR2
– Memory interface : 128 bit
– Memory : 256 MB

Saya pilih Radeon ketimbang Nvidia, coz katanya card Nvidia lebih mudah outdate atau ketinggalan zaman ketimbang Radeon. Aq kira VGA card q yang baru ini cukup pantas untuk menggantikan VGA card q sebelumnya yaitu Nvidia GeForce4 MX4000 128MB. Btw yang mo beli VGA q yang lama boleh hub aq :). Kondisinya masih sangat bagus koq.

Lalu selain membeli VGA, memory q juga perlu diupdate agar dapat memainkan Splinter Cell DA, yang minimumnya 1 GB, sedangkan punya q cm 512MB PC3200. So, dengan sedikit keberanian aq bela-belain beli 1 lagi memori Visipro 512MB DDR PC3200 seharga $38. WOW, pembelanjaan yang cukup banyak hanya untuk memainkan sebuah game.

Ini smua gara-gara temen q yang bawa majalah CHIP, coz di majalah itu diulas tentang Splinter Cell DA, yang buat aq penasaran banget, padahal udah 1 tahunan ga pernah make komputer buat maen game. Yah, apa mau dikata, udah kelanjur baca, ga bisa pura-pura ga baca, he..he…

Klo dihitung total pembelanjaan untuk upgrade komputer q jadi $ 165. Uang segitu, bisa ada coz pinjam My Brother q yang baek, $ 55 he.. Blom tau kapan bisa balekin..

Advertisements